Kelebihan Dan Kekurangan Nokia Asha 205

kelebihan kekurangan Nokia Asha 205

Kelebihan Nokia Asha 205

  • Tombol Facebook dan Message
  • Fitur Bluetooth dengan Slam
  • Dual SIM
  • Easy swap
  • Internetan cepat karena ada Xpress Web
  • Harga murah


Kekurangan Nokia Asha 205

  • Kualitas kamera dan video kurang maksimal
  • Belum 3G
  • Tidak support koneksi WiFi


Gencar dengan seri lumia, bukan berarti Nokia lupakan ponsel dikelas entry levelnya yakni seri Asha. Yang terbaru kini sudah ada Nokia Asha 205 Dual. Sebagai feature phone, ponsel yang diproduksi dua varian (Asha 205 Dual dan Asha 205) ini mengandalkan intergrated tombol Facebook. Apa lagi sih kelebihannya?

MIRIP ASHA 303

Dimensi: 112.8 x 61.1 x 13 mm, 104 cc (4.44 x 2.41 x 0.51 in); Berat: 94 gram(3.32 oz)
Nokia Asha 205 menggunakan bentuk ponsel berdesain qwerty. Saat pertama kali melihat nokia asha 205, mirip dnegan pendahulunya nokia asha 303. Desainnya kompak dan ergonomis.

Pada bagian depan rata, sedangkan bagian belakang agak menyembung dan menggunakan pola sehingga tidak mudah licin saat digenggam. Menggunakan material plastik berkualitas baik membuatnya nampak solid.

Ruang depan diisi dengan keyboard qwerty, earpiece, dan layar 2. 4 inchi. Pada bagian belakang terdapat kamera tanpa led flash serta satu buah speaker.

Keunggulan dari Asha 205 hadir dengan tombol facebook. yang terdapat berdampingan dengan tombol messaging. Sementara itu pada bagian atas, terdapat port 3.5mm audio dan port charger. dan pada sisi kanan terdapat hotwap slot sim card.

LAYAR 2.4 INCHI

Type layar: TFT , 65K colors; Size: 320 x 240 pixels, 2.4 inches (~167 ppi pixel density)
Nokia Asha 205 dibekali dengan layar TFT 2.4 ichi (167 ppi pixel density) membuatnya mampu digunakan di bawah terik matahari. Ini dikarenakan kecerahan dari layarnya yang mampu menampilkan beragam menu dan halaman di dalamnya.

Nokia Asha 205 menggunakan interface S40 dengan homescreen khas nokia. Dimana didalamnya terdapat beragam widget dan akses cepat yang dapat dipersonalisasikan. Masuk ke halaman menu, Anda akan menemukan jajaran ikon yang tersusun grid. Pergantian halaman dilakukan dengan menekan tombol navigasi ke atas dan bawah.

EASY SWAP

Jaringan: 2G 850/1900 GSM-GSM; Easy swap SIM 2
Nokia Asha 205 dibekali dengan dengan dual SIM yang dilengkapi dengan easy swap. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan Anda saat mengonta-ganti SIM2. Sehingga saat untuk mengganti SIM2, Anda tidak perlu mematikan ponsel.

Sayangnya kemampuan dual SIM ponsel ini tidak dual stand by, yakni hanya dual on. Jadi disaat Anda ingin melakukan panggilan keluar, Anda diberikan notifikasi untuk pilihan SIM yang akan digunakan.

TOMBOL FACEBOOK

Seperti yang dijelaskan diatas, Nokia Asha 205 dilengapi dengan tombol facebook. Jadi untuk mengakses Facebook Anda hanya perlu klik satu kali tombol Facebook, maka Anda langsung masuk ke home login Facebook.

Keberadaan tombol ini cukup membantu bagi Anda yang aktif berjejaring sosial. Saat Anda login, akan tampil notifikasi jalur mobile data yang akan digunakan. Sayangnya tampilan Facebook di Nokia Asha 205 adalah Facebook versi mobile.

KONEKSI CEPAT

Bluetooth Slam

Seperti di Nokia Asha 206, Asha 205 juga disuntikkan teknologi Nokia Slam. Fitur ini mampu membantu Anda untuk berbagi beragam konten multimedia secara cepat ke perangkat lain termasuk Android. Fitur ini bekerja dengan cara yang mirip dengan NFC (Near Field Communication) yang ada di Sony Xperia P dan Sola, di mana file dan konten dapat dibagi ke perangkat lain via koneksi Bluetooth.

Cara kerjanya sangat mudah, aktifkan fitur Bloetooth di ponsel ini> setelah aktif, pilih data yang Anda transfer ke ponsel lain> Dekatkan Nokia Asha 205 dengan ponsel lainnya> Proses mengirim> Ok.

Sebagai catatan, Nokia Asha 205, Nokia Asha 205 Dual SIM, dan Nokia 206 Dual SIM merupakan ponsel-ponsel pertama yang diperkaya dengan fitur Slam.

INTERNET DAN KONEKSI

Transfer data: GPRS up to 85.6kbps, EDGE 236.8 kbps; Konektivitas: Bluetooth v2.1 with A2DP, Slam;
Melalui kanal GPRS/ EDGE aktivitas browsing bisa digunakan dengan lancar. meski hanya berteknologi 2G, pada Nokia Asha 205 dan Asha 206 ditanamkan Xpress Web browser yang mampu kompresi data hingga 90 %. Tentunya hal ini menekan biaya internet lebih murah dan akses data lebih cepat. Dari hasil pengujian, proses membuka tab browser berjalan mulus.

Mengandalkan browser WAP v2.0 /HTML di ponsel ini, PULSA sempat mencoba untuk masuk ke Facebook menggunakan mobile data XL. Pengalaman membuka homepage-nya cukup cepat, terhitung waktu 9 detik untuk masuk kehalaman yang dituju, akan tetapi hal ini pun tergantung jaringan operator.

Ponsel ini juga tak didukung koneksi WiFi. Untuk transfer data antar perangkat, Nokia Asha 205 support Bluetooth v3.0 with A2DP.

KAMERA DAN VIDEO

Kamera utama: VGA, 640 x 480 piksel, video QCIF@10fps; Video Player: MP4/H.264/H.263/WMV player,
Nokia Asha hanya dibekali dengan kamera dengan resolusi VGA (640x480 piksel). Meski kecil, pengaturan kamera didalamnya terbilang lengkap. Karena didalamnya sudah terdapat autofocus, night mode, digital zoom, white balance, efek, dan timer.

Untuk hasil bidikan, Nokia Asha 205 terbilang masih berbintik dan sedikit berkabut, terutama saat membidik objek dalam ruangan. Sementara untuk perekaman video, Nokia Asha 205 memiliki video rekam berjenis QCIF berframe rate 10 fps.

SEKTOR AUDIO

Audio Player: MP3/WAV/WMA/AAC player
Nokia Asha 205 dilengkapi dengan pemutar musik untuk format file MP3/WAV/WMA/AAC. Anda dapat melakukan setting music equalizer untuk memaksimalkan output audio. Kualitas audio cukup nyaring dan bulat. Sebagai alternatif hiburan sekor audio, Nokia Asha 205 tidak lupa menyematkan FM Radio yang mendukung fitur RDS dan juga terdapat fitur FM Recorder.

FITUR LAIN

Organizer, PTI (predictive text input), Voice Memo, Games Bonus EA Game, Nokia Life, Nokia Nearby, SNS Integration, Java MIDP 2.0
Seperti seri Asha lainnya, Nokia Asha 205 juga dilengkapi dengan 40 game dari Electronic Arts (EA )yang dapat diunduh secara gratis oleh Anda. Sayangnya, biaya downloadnya potong pulsa karena via mobile data. Andai ponsel ini punya WiFi.

Nokia Life juga ada didalamnya. Fitur ini cukup membantu Anda untuk mendapatkan beragam tips tentang pertanian, pendidikan, hingga masalah kesehatan dan reproduksi. Tips tersebut dikirimkan melalui SMS, dengan memotong pulsa.

KESIMPULAN

Sebagai feature phone, Nokia Asha 205 memiliki kemampuan yang lebih dari cukup. Mulai dari bahan material yang dipakai, kemampuan dual SIM, sampai tombol Facebook yang dimilikinya. Mungkin dapat mengakomodasi pengguna ponsel pemula. Sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan WiFi. (Nariswari/@ilham_putranto)

http://m.tabloidpulsa.co.id/artikel/44/6422-review-nokia-asha-205-dual-dual-sim-card-hotswap-tombol-facebook-mantap

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Nokia Asha 205"