Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy Ace Duos GT-S6802, Galaxy Ace versi Dual SIM

Kelebihan Samsung Galaxy Ace Duos GT-S6802, Galaxy Ace versi Dual SIM

  • Dual SIM Standby
  • Harga Terjangkau
  • Kamera 5MP

Kekurangan Samsung Galaxy Ace Duos GT-S6802, Galaxy Ace versi Dual SIM

  • OS gingerbread
  • Resolusi Layar Sebatas HVGA
  • Kemampuan Rekam Video Sebatas VGA



Meningkatnya popularitas ponsel dual SIM dipasar Asia, telah menjadi perhatian utama bagi Samsung. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya beragam varian ponsel dual SIM yang menyasar berbagai segmen mulai dari feature phone hingga smartphone. Setelah menghadirkan Galaxy Y Duos yang lebih ditargetkan untuk pemula, Samsung kini mulai merambah pasar kelas menengah dengan melepas Galaxy Ace Duos. Datang dengan garis desain menyerupai Ace, Ace Duos berusaha menawarkan sebuah smartphone berharga terjangkau yang mampu menampung dua kartu sekaligus. Dengan level harga 4 jutaan, apakah Ace duos sudah cukup layak untuk dibawa pulang ?

Desain

Dimensi: (WxDxH) : 112.7 x 61.5 x 11.5 mm; Bobot: 122 g
Hadir dengan desain candy bar full touchscreen, Ace duos hadir dengan garis desain menyerupai Ace. Menggunakan material berbahan plastik, Ace Duos memakai casing belakang yang kesat sehingga terasa mantap dalam genggaman.

Tepat dibawah bentangan layar luasnya, Anda akan menemukan dua tombol sentuh sensitif: menu, dan back serta satu tombol fisik home. Samsung menyematkan port audio jack 3.5mm pada bagian atas.

Sedangkan bagian bawah terdapat port micro USB. Untuk menyalakan ponsel ini, Anda dapat menekan tombol power di sisi kanan. Mengatur besaran volume dapat Anda lakukan dengan menekan tombol pada sisi kiri bodi.

Hardware

CPU: Single Core 832MHz ARMv6; RAM: 512MB, 3GB Storage, Up to 32 GB MicroSD Card
Untuk menunjang kinerjanya, Samsung menggunakan prosesor single core 832MHz Armv6 yang didukung pula dengan RAM sebesar 512MB. Penggunaan ARMv6 membuat Ace Duos secara default tidak mendukung konten flash.

Sementara untuk ruang penyimpanan, Ace Duos memberikan ruang sebesar 3GB yang terpakai 1GB untuk sistem dan 2GB untuk pengguna. Jika Anda masih merasa kurang, Anda dapat menambahkan kartu memori dengan kapasitas maksimal 32GB.

Interface dan OS

Android 2.3.6 Gingerbread, 3.5 TFT capacitive touchscreen HVGA (480 x 320 piksel)
Ace Duos mengadopsi layar TFT selebar 3,5 inci dengan resolusi HVGA (480 x 320 piksel). Layar kapasitif Ace Duos telah mendukung multitouch hingga dua titik.

Dari sisi antarmuka, Samsung masih menggunakan TouchWiz UI yang berjalan diatas OS Android gingerbread. Halaman depan Ace Duos terdiri dari tiga sheet yang dapat Anda tambah hingga tujuh buah.

Masuk ke halaman menu, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon yang ditata secara grid horisontal. Secara default, Anda akan disuguhi dengan tiga halaman yang dapat Anda geser kesamping kiri dan kanan.

Kamera dan Video

5 MP, 2592 x 1924 pixels, autofocus, geo-tagging, smile detection; Video: VGA@30fps
Untuk mengabadikan momen penting, Anda dapat menggunakan kamera 5 megapiksel milik Ace Duos yang telah mendukung autofocus. Sederet pengaturan seperti scene mode, exposure, mode fokus dan pilihan resolusi turut pula disertakan oleh Samsung ke dalam Ace Duos.
Sayang sekali dengan resolusi sebesar 5 megapiksel, Ace Duos belum dibekali dengan lampu flash.

Untuk merekam video, kamera Ace Duos mampu menghasilkan gambar dengan resolusi VGA dengan 30 framerate per second.

Multimedia

audioplayer : FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV; video player: 3GP, M4V, MP4; audio recorder, FM Radio.
Di sektor hiburan, Ace Duos secara otomatis memasukkan lagu yang tersimpan dalam kategori: album, artist dan lagu. Anda juga dapat membuat playlist lagu yang sering Anda dengarkan.

Untuk memperkaya pengalaman Anda dalam mendengarkan musik, Samsung menyematkan pengaturan equalizer. Saat Anda mendengarkan musik dengan headset yang disertakan, Anda juga dapat menikmati efek suara 5.1 Ch.

Sementara dengan pemutar video bawaannya, Anda dapat menonton format video dengan resolusi maksimal VGA.

Dual SIM

Dual SIM Standby; SIM 1 & SIM 2: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; SIM1: HSDPA 900 / 2100
Mengusung kemampuan Dual SIM, Ace Dus dapat Anda pakai untuk menampung dua kartu SIM GSM Anda. Kemampuan Dual SIM yang dimiliki oleh Ace Duos adalah dual standby yang memungkinkan pengguna untuk tetap menerima panggilan meski salah satu kartu sedang dipakai bicara.

Pada Ace Duos, kemampuan ini disebut sebagai Dual SIM Always On yang perlu Anda aktifkan dulu dengan mengisi nomor SIM 1 dan 2 yang Anda pakai ke kolom yang disediakan pada menu SIM Card Manager dalam menu settings.

Internet dan Konektivitas

HSDPA up to 7.2Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB
Menjelajah web dengan Ace Duos dapat Anda lakukan dengan mengandalkan koneksi 3G HSDPA atau Wi-Fi. Koneksi HSDPA pada Ace Duos hanya didukung oleh SIM1, sementara untuk SIM2 hanya dapat tersambung ke jaringan GPRS.

Browser Ace Duos belum mendukung flash player dan hanya dapat membuka 4 tab sekaligus. Sementara untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan kabel data dan bluetooth.

Fitur Unggulan

Task Management, File Manager, Samsung Apps, QuickOffice, ChatON, News and Weather, Social Hub dan sebagainya.
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android, Samsung juga telah membenamkan QuickOffice, memo, task serta news and weather untuk menunjang aktivitas kerja Anda sehari-hari.

Sementara untuk mengakomodasi aktivitas pengguna jejaring sosial, Samsung menyiapkan Social Hub yang menyajikan status update secara realtime dari Facebook, Twitter dan linkedin dalam satu tempat. Fitur chatting khas Samsung, ChatON juga turut disertakan oleh Samsung.

Benchmark

Antutu Benchmark: 1735 Quadrant Standard Edition: 662 Nenamark1: 20,5fps Nenamark2:10,2fps
Hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan Antutu Benchmark memperoleh skor 1735 yang menempatkan Ace Duos pada posisi paling rendah. Sementara pengukuran kinerja dengan menggunakan Quadrant Standard juga memposisikan Ace Duos pada tingkat terbawah dengan poin sebesar 662.

Pengujian performa GPU dengan Nenamark 1 menghasilkan skor 57 fps. Sementara pada Nenamark2 menempatkan Ace Duos diatas HTC Desire dengan raihan poin 10,2fps.

Kesimpulan

Maraknya penggunaan ponsel dengan kemampuan dual SIM di Tanah Air disikapi oleh Samsung dengan melempar ponsel berkemampuan Dual SIM yang menyasar berbagai segmen pengguna. Salah satunya dengan meluncurkan smartphone Android Dual SIM menengah, Ace Duos yang dilepas dengan kisaran harga dua juta. Meski dari segi hardware Ace Duos belum begitu perkasa, namun nama besar Samsung serta banderol harga yang menggoda tentu tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Selanjutnya pilihan tentu kembali kepada kemampuan kantong dan kebutuhan Anda masing-masing.

http://m.tabloidpulsa.co.id/artikel/44/5269-review-samsung-galaxy-ace-duos-gt-s6802-galaxy-ace-versi-dual-sim

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy Ace Duos GT-S6802, Galaxy Ace versi Dual SIM "