Kelebihan Kekurangan LG Google Nexus 4 E960

Kelebihan Kekurangan LG Google Nexus 4 E960 - Setelah berkolaborasi dengan HTC pada Nexus pertama, Samsung pada Nexus kedua dan ketiga, sekarang giliran LG yang dipercaya untuk membesut seri Nexus berikutnya. Mengusung prosesor quadcor, Nexus 4 juga memiliki 2 lapisan Gorilla Glass 2 didepan dan belakang.


Kelebihan LG Google Nexus 4 E960

  • Android 4.2 Jelly Bean
  • Gorilla Glass 2 Depan-Belakang
  • Prosesor Quadcore 1,5GHz
  • RAM2GB

Kekurangan LG Google Nexus 4 E960

  • Tanpa Slot MicroSD
  • Tidak Ada radio FM
  • Tidak Ada Earset

LG Google Nexus 4 E960 Prosesor Berinti Empat, Untuk Generasi Keempat

Desain

Dimensi: 133.9 x 68.7 x 9.1 mm; Bobot: 139g
Menyandang nama Nexus, LG membuat ponsel Google ini terasa sangat mahal. Ini terbukti dari desainnya yang elegan. Hanya memiliki 1 pilihan warna hitam, LG melapisi ponsel ini dengan lapisan Gorilla Glass 2. Tdak hanya pada bagian depan, tetapi juga dibagian belakangnya .

Meski berbodi cukup lebar, ukurannya cukup yang pas saat digenggam dengan satu tangan. Bagian depan dan belakang dibuat rata dan menghilangkan setiap sikunya.

LG membuat bagian belakang Nexus 4 tampil cantik dengan pola-pola garis cahaya yang berubah mengikuti sudut pandang pengguna. Tidak ketinggalan juga LG menyertakan lampu LED untuk menemani lensa kamera.

Pada bagian depan LG tidak menaruh satupun tombol. Karena semua suah diakomodasi dari layarnya. sedangkan pada bagian atas Nexus 4 menyisipkan port audio 3.5mm. Sementara pada ruas kiri terdapat tombol pengatur volume yang berdampingan dengan slot kartu micro SIM berpenutup, seperti yang digunakan pada iPhone. Sedangkan dibagian bawah, terdapat port micro USB yang diapit oleh dua buah baut di kiri-kanannya. Tombol power berada disisi kanan bodi.

Hardware

Qualcomm APQ8064 Snapdragon Quad-core 1.5 GHz Krait; Adreno 320 GPU; RAM 2GB, 8/16 GB built-in storage, Tanpa Slot MicroSD
LG nampaknya tidak main-main dalam memproduksi ponsel Nexus ini. Karena jika Nexus generasi sebelumnya masih menggunakan prosesor Dual-Core, LG sudah membenamkan prosesor Quadcore berkecepatan 1,5GHz. Sementara untuk memproses grafis, LG mempercayakannya pada GPU Adreno 320. Performa juga didukung dengan RAM sebesar 2GB.

Untuk performanya terbilang lancar. Karena saat kami gunakan untuk bernavigasi atau menjalankan game memerlukan grafis yang tinggi, ponsel ini dapat menjalankan dengan sempurna.

Untuk urusan memori, LG menyiapkannya di 2 pilihan kapasitas yakni 8 dan 16 GB. Dan itupun Anda harus puas dengan memori internal saja, karena LG tidak menyiapkan kelengkapan slot memori eksternal.

Dari Nexus 4 berkapasitas 16GB yang PULSA uji saat ini, ketersedian maksimal untuk pengguna tinggal 12GB.
Sementara untuk memastikan baterainya, Nexus 4 menggunakan baterai Li-Ion 2100mAh. Dengan baterai ini performa cukup baik. Mungkin berkat penggunaan OS baru yang lebih efisien.

Layar

4.7 True HD IPS (768 x 1280 piksel); 16 Juta Warna; Corning Gorilla Glass 2.
Sebagai penerus generasi keempat Nexus, layar Nexus 4 meski hanya mengalami sedikit perubahan pada resolusi yakni berada pada level 768 x 1280 piksel. Dengan begitu aspek rasionya juga berubah yaitu 15:9.

Sayangnya dari sisi kontras, kecerahan dan ketajaman layar tak sebagus pendahulunya Galaxy Nexus. Namun kelebihan pada layar Nexus 4 adalah dari sudut penglihatannya (view angle) yang cukup lebar serta performanya ketika dipakai dibawah terik sinar matahari.

Interface dan OS

Android 4.2 Jelly Bean OS with stock UI
Menjadi ikon ponsel Google, Nexus 4 menjadi ponsel Android pertama sudah menggunakan Android 4.2 Jelly Bean. Bahkan Nexus 4 ini sudah langsung menawarkan upgrade ke versi 4.2.1 begitu ponsel terhubung ke internet.

Pada posisi terkunci, Anda cukup menggeser lock ke samping kanan untuk membukanya atau ke samping kiri untuk masuk ke kamera secara langsung. Bedanya dengan Jelly Bean 4.1, pada posisi terkunci Nexus 4 tidak menyediakan akses pintas ke Google Now.

Notifikasi pada Nexus 4 tampil bersih. Itupun Anda dapat memperluas menjadi toggle setting dengan memilih ikon yang terdapat di sudut kanan atas.

Pada layar depan, Anda akan disuguhi dengan Google Folder yang berisi aplikasi dan layanan khas Google seperti Gmail, Google+, Maps, Play Store, Play Music, Youtube, Google Talk, Google Calendar, dan People.

Sedangkan pada bagian menu, Anda akan disambut dengan dua kategori menu masing-masing apps dan widget. Pada sudut kanan atas terdapat akses pintas ke Play Store.

Meski mengusung Android berdarah murni, namun pada Nexus 4 ini terdapat fitur unik bernama Daydream. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengganti tampilan screensaver ponsel dengan jam, photo frame, photo table atau warna.

Kamera dan Video

8 MP camera (3264 x 2448 piksel) autofokus dan LED flash; 1.3MP Kamera depan
Jika dari semua seri nexus sebelumnya hanya membenamkan 5 megapiksel dibelakang, di Nexus generasi ke empat ini sudah membenamkan menjadi 8 megapiksel. Sedangkan untuk kamera depannya masih sama dengan pendahulunya yakni 1,3 megapiksel.

Memiliki resolusi yang besar, kameranya juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pengaturan seperti: scene mode, resolusi, HDR, tingkat kecerahan, flash dan location. Didalamnya juga sudah terdapat Photosphere yang merupakan aplikasi pengambilan gambar layaknya panorama namun dengan sudut pengambilan dari berbagai arah. Fitur ini merupakan fitur khas yang dibiasa oleh OS Android Jelly Bean 4.2.

Sedangkan untuk perekaman video, kamera Nexus 4 sanggup menghasilkan gambar dengan resolusi FullHD1080p berkecepatan 30 framerate per second. Dari resolusi ini Nexus 4 dapat menghasilkan hasil rekaman yang disimpan dalam format MP4 dengan bit rate sekitar 12Mbps.

Multimedia

Audioplayer: AAC, FLAC, OGG, MP3, M4A, WAV; video player: MP4. M4V, MKV, 3GPP, audio recorder
Musik player yang dimiliki Nexus 4 adalah Play Music. Dengan fitur ini Anda dapat memanfaatkan setting equalizer dan efek suara yang disematkannya. Sayangnya dalam paket pembeliannya, LG tidak menyertakan aksesori earset yang sebenarnya cukup vital bagi Anda yang gemar mendengarkan musik.

Sedangkan untuk pemutar videonya, Nexus 4 ternyata tidak memiliki pemutar video khusus. Sehingga untuk menonton video Anda harus puas dengan tampilan standar galeri Android. Dari segi dukungan format baik audio maupun video memang kurang begitu memuaskan. Ketika PULSA mencoba memutar video FullHD 1080p dalam format MKV, tidak ada suara yang keluar.

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850/ 900 / 1700 / 1900/ 2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n Dual-band, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB, DLNA, NFC
Berbekal koneksi Wi-Fi dan 3G HSPA+, Anda dapat berselancar dengan lebih optimal. Melalui browser bawaan atau Google Chrome semua dapat berjalan dengan sempurna. Asiknya lagi jika Anda menggunakan browser Chrome, maka browsernya dapat Anda sinkronisasikan langsung dengan browser Chrome PC.

Sedangkan untuk transfer data Anda dapat menggunakan Bluetooth, DLNA, NFC dan kabel data. Sayang belum ada pembekalan port HDMI dan ketika Anda menghubungkan Nexus 4 ke PC, ponsel Anda akan diminta memilih untuk masuk sebagai media device atau camera.

Benchmark

Antutu Benchmark: 16596; Quadrant Standard Edition: 4264; Nenamark1: 59,5; Nenamark2: 59,4
Pada hasil Uji pengukuran kinerja dengan menggunakan Antutu Benchmark Nexus 4 memperoleh poin 16596 yang menempatkannya pada posisi atas dan hanya kalah dari LG Optimus G. Sedangkan ketika diuji dengan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor 4264 yang membuatnya berada dibawah HTC One X.

Sementara untuk kecepatan grafis yang dimilikinya, Nenamark1 menghasilkan kecepatan 59,5 frame per second. Sedangkan dengan Nenamark2 berhasil meraih poin 59,4fps yang membuatnya berada pada peringkat paling atas.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan generasi pendahulunya Galaxy Nexus, Nexus 4 memang banyak mengalami beberapa peningkatan dari sisi hardware dan software. Selain OSnya yang terbaru, Nexus 4 juga telah dibekali dengan prosesor yang lebih powerfull. Dengan banderol harga 5,5 juta rupiah, Nexus 4 menjadi ponsel dengan RAM2GB termurah yang beredar di pasaran. Sayangnya masih banyak fitur dan tambahan aksesories harus dikorbankan. Nexus 4 nampaknya harus siap menjadi kompetitor smartphone quadcore prosesor lainnya seperti HTC One X atau Samsung Galaxy SIII. (Galing Kusumojati)
@galingkusumojati/@ilham_putranto@tabloidpulsa

http://m.tabloidpulsa.co.id/artikel/44/6400-review-lg-google-nexus-4-e960-prosesor-berinti-empat-untuk-generasi-keempat-

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan Kekurangan LG Google Nexus 4 E960 "