Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy S3

Kelebihan Samsung Galaxy S3
  • Desain Slim
  • Android Ice Cream Sandwich & TouchWiz UI v4.0
  • Prosesor Quadcore 1,4GHz
  • Layar HD Super AMOLED 4.8 inci
  • Kamera 8MP & Video full HD
  • Banyak fitur menarik
Kekurangan Samsung Galaxy S3
  • Harga relatif mahal
  • Tanpa tombol shutter
Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy S3
Review Samsung Galaxy S3
Salah satu smartphone yang masuk dalam daftar Most Anticipated Phone of 2012 yang PULSA miliki akhirnya hadir di ruang redaksi. Samsung Galaxy SIII (SGS3) memang bukan hanya ditunggu oleh para fanboy Samsung dan pecinta Android, tapi pastinya oleh semua orang yang peduli dengan perkembangan teknologi selular.

Meski bukan yang pertama menggunakan prosesor quadcore, tapi kehadiran Galaxy S jilid 3 ini dipastikan menetapkan standar baru bagi para kompetitor yang berencana menghadirkan pesaing bagi produk ini. Lalu sepintar apakah, superphone satu ini?

Tidak Fotogenik, Tapi Nyatagenik

Dimensi: 136.6 x 70.6 x 8.6, 133 gram; full touchscreen; Hyperglaze technology, material plastik dan corning gorilla glass 2; port audio 3.5 mm; tombol power/lock; lubang mic, port microUSB; volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas) 1 tombol home dan 2 tombol sentuh di bawah layar (menu dan back)
Awalnya banyak yang menyayangkan keputusan Samsung memilih finishing glossy pada backdoor jagoan barunya ini, begitu juga dengan PULSA saat hanya melihat SGS3 melalui foto yang banyak beredar diinternet. Superphone ini jadi tampak lebih murah dari banderol harga aslinya. Tapi semuanya berubah saat PULSA melihat produk ini secara langsung.

Lapisan Hyperglaze pada backcover benar-benar membuat glossy nya Galaxy SIII menjadi tidak biasa. Penutup baterai ini mengkilap layaknya bodi mobil mewah. Selain itu teknologi pelapis cat ini juga membuat SGS3 menjadi lebih kesat serta tidak mudah dinodai oleh sidik jari dibanding ponsel dengan finishing glossy lain.

Kami juga kagum dengan dimensi bodi SGS3 yang tetap tipis serta hanya memiliki selisih lebar kurang dari setengah centi dari pendahulunya, meski dibekali baterai berdaya besar dan layar jauh lebih luas.

Display ala HDTV

Layar sentuh Super AMOLED kapasitif, 16 juta warna,720 x 1280 piksel, 4.8 inches (~306 ppi pixel density), multi touch, corning Gorilla Glass 2
Menurut Kami, inilah ukuran layar yang paling luas namun tetap pantas digunakan pada ponsel, lebih dari ini akan membuat Anda seperti menempelkan piring di wajah ketika menelepon. Lagi pula ukuran ini memungkinkan Anda untuk tetap nyaman mengoperasikan SGS3 dengan menggunakan satu tangan.

Ponsel ini juga merupakan yang pertama menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi definisi tinggi. Layar SGS3 tampak jernih layaknya HDTV yang bisa Anda genggam.

Layar SGS3 juga memiliki response time yang sangat cepat (0,01ms) yang meminimalisir efek ghost (delay berbayang) dan akan menguntungkan ketika digunakan untuk bermain game dengan fps yang tinggi atau memutar video yang banyak menampilkan gerakan cepat.

Dengan segala keunggulannya, Samsung mengklaim bahwa layar SGS3 justru lebih hemat energi hingga 16%.

UI Bernuansa Alam

Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich), TouchWIZ UI 4.0
Samsung menyatakan bahwa desain dan interface SGS3 terinspirasi dari alam. Tak banyak terlihat pada desain, tapi nuansa alam jelas terasa pada interface SGS3. Sejak berada pada lockscreen Anda akan mendapati wallpaper bergambar dandelion yang akan menampilkan efek animasi layaknya sebuah permukaan air ketika disentuh.

Anda juga akan mendengar suara gelembung air ketika menyentuh salah satu tombol sensitif sentuh di bawah layar atau saat melakukan pilihan pada layar.

Pilihan ringtone yang disediakan secara default juga diberi nama dengan nuansa alam misalnya Rays of the sun, Sea breeze dan Secret forest. Begitu pula pilihan wallpaper yang didominasi gambar bunga.

Dari segi penggunaan, banyak fungsi baru yang yang diterapkan Samsung untuk TouchWIZ UI pada SGS3, seperti Smart Stay, Direct Call, Pop Up Play, Simultaneous HD video and image recording serta lainnya yang akan PULSA bahas secara khusus.

Hardware Superior

Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9, Exynos 4212 Quad chipset, Mali-400MP GPU, RAM: 1 GB RAM, Internal Storage: 16/32/64 GB, external: microSd hingga 64GB, baterai 2100mAh
SGS3 memang bukan yang pertama dengan prosesor quadcore, belum lama ini HTC One X hadir lebih dulu dengan clockspeed yang sedikit lebih tinggi.

Dengan spesifikasi hardware seperti ini, SGS3 tanpa kesulitan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, bahkan beberapa fitur seperti Pop Up Play serta Live Video List bisa berjalan dengan lancar.

Prosesor superior SGS3 juga jelas berkontribusi pada kecepatan start up time yang PULSA rasakan. SGS3 memerlukan waktu kurang dari 20 detik untuk bisa digunakan secara penuh mulai dari keadaan mati.

Smart Stay

Ini adalah salah satu fitur yang baru pertama kali muncul pada SGS3. Smart stay akan mencegah layar untuk meredup atau terkunci secara otomatis selama Anda masih menatap layar, meskipun layar tidak disentuh dalam waktu yang melebihi pengaturan screen timeout.

Ketika diaktifkan, layar akan menampilkan beberapa kondisi yang memungkinkan fitur ini untuk tidak bekerja secara sempurna. Yang pertama saat kamera depan gagal mendeteksi wajah, kedua saat SGS3 digunakan dalam kegelapan dan yang terakhir apabila kamera depan digunakan untuk aplikasi lain.

PULSA pun berusaha membodohi SGS3 hanya dengan menggunakan benda lain di depan layar dalam jarak normal ketika seseorang melihat layar ponsel (15-20cm), hasilnya tentu saja SGS3 tidak tertipu karena teknologi ini menggunakan fungsi face dan blink detection pada kamera depan yang sebenarnya bukan hal baru namun berhasil dimanfaatkan Samsung untuk mengembangkan fitur yang sangat bermanfaat ini.

S Voice = Samsungs SIRI

Siri pada iPhone 4s telah menetapkan standar baru tentang apa yang dapat dilakukan oleh sebuah fitur pengenal suara. Dan sebagai ponsel yang membidik posisi puncak pada persaingan superphone, SGS3 juga dibekali dengan fitur serupa Siri yang disebut S Voice.
Idealnya, fitur ini memungkinkan Anda untuk memerintahkan ponsel untuk melakukan hal tertentu hanya dengan menggunakan suara. Anda dapat menuju fitur kamera hanya dengan mengatakan I want to take a picture dan katakan cheese untuk mengambil gambar. Hal lain seperti mengirim SMS, mencari jalan, menemukan jawaban untuk pertanyaan Anda dan banyak fungsi lain yang juga dapat dilakukan S Voice.

Yang menarik, S Voice tidak hanya mengenali bahasa Inggris, melainkan juga bahasa Perancis, Spanyol, Korea, Italia dan Jerman. Lebih banyak dari Siri yang sejauh ini baru mendukung 4 bahasa (Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang).

Sayangnya, selama pengujian S Voice pada SGS3 yang PULSA miliki tidak berfungsi dengan baik dan terus menampilkan keterangan network error meski telah dihubungkan ke jaringan wifi yang stabil dan berkecepatan tinggi.

Motion

Motion adalah sejumlah fitur yang berjalan hanya dengan bagaimana pengguna mengerakkan SGS3. Pengguna dapat membuat ringtone berhenti berbunyi ketika ada panggilan atau SMS masuk dengan membalik SGS3 ke posisi telungkup. Memperbesar atau memperkecil (zoom in-out) tampilan gambar atau halaman situs dengan meletakkan dua jari pada layar kemudian memiringkan SGS3 ke depan atau belakang, dan masih banyak pilihan lainnya.

Salah satu pilihan fitur motion yang menarik adalah direct call. Fitur ini akan memudahkan untuk menelpon kontak Anda yang nomor teleponnya tertampil di layar hanya dengan mengangkat SGS3 dan menempelkannya ke telinga. Fitur ini berfungsi saat berada pada tampilan SMS, kontak ataupun call log.

Kami kembali mencoba membodohi SGS3 dengan melakukan 2 skenario untuk fitur ini. Yang pertama, kami menggerakkan ponsel secara natural layaknya akan menempelkannya ke telinga tapi justru menempelkannya ke benda lain, dan hasilnya SGS3 membuat panggilan. Skenario berikutnya, Kami menempelkan SGS3 ke telinga namun dengan tidak banyak menggerakkan SGS3 dan hasilnya SGS3 tetap tidak membuat panggilan.

Artinya fitur direct call tidak hanya menggunakan sensor gerak tapi juga mengkombinasikannya dengan sensor jarak (proximity sensor) yang terletak berdekatan dengan earpiece dan kamera depan.

Multimedia Player Ciamik

Pop Up Play, Live Video List
Salah satu yang menarik perhatian PULSA pada SGS3 datang dari sektor ini, terutama pada pemutar videonya. Samsung benar benar menunjukkan kapabilitas sebuah ponsel dengan prosesor quadcore pada fitur ini.

Dimulai saat memasuki pilihan video player, koleksi video yang tersimpan pada ponsel Anda disajikan dalam mode Live Video List dimana thumbnail yang tertampil tidak statis tapi benar-benar bergerak.

Tak hanya itu, tersedia fitur chapter preview dimana ponsel akan menampilkan video yang sedang diputar dalam beberapa thumbnail yang membagi video dalam bagian bagian sesuai kronologisnya. Akan sangat berguna bagi Anda yang hobi memutar video berdurasi panjang di ponsel.

Yang paling menarik adalah fitur Pop Up Play yang memungkinkan video untuk tetap berjalan dalam jendela kecil sambil Anda menggunakan fungsi lain pada SGS3.

Konektifitas Futuristik

GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps, EDGE Class 12, HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, EDR, NFC, microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go, S Beam
Seperti halnya Android hi-end lain dengan versi ICS, SGS3 telah dilengkapi fitur Android Beam yang memudahkan Anda untuk mengirim data ke perangkat Android lain cukup dengan menempelkan kedua perangkat. Tapi ada hal baru yang sedikit berbeda, SGS3 juga dilengkapi fitur S Beam yang kurang lebih memiliki fungsi serupa dengan Android Beam namun akan mengalihkan jalur pengiriman data menggunakan fitur wifi direct untuk file berukuran besar agar lebih cepat dikirim.

Slot microUSB pada SGS3 juga berfungsi sebagai penghubung ke layar dengan kabel HDMI khusus dan memiliki kemampuan USB On The Go.

Kamera Multitasking

8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization; Perekam video 1080p@30fps; kamera sekunder 1.9MP (720p@30fps)
Selain sejumlah pengaturan dan fitur standar seperti effect, scene serta shooting mode. SGS3 juga memiliki fitur menarik lain pada kameranya.
Burst shot misalnya, mode ini memungkinkan Anda untuk menangkap hingga 20 foto hanya dengan menahan tombol shutter. Pada mode Burst Shot, pengguna dapat mengaktifkan pilihan best shot yang akan memilihkan foto terbaik yang ditangkap dalam sekali menggunakan mode ini. Anda juga bisa memilih sendiri foto lain yang ingin disimpan.

Hanya saja ketika mengaktifkan best shot, foto yang dihasilkan hanya berjumlah 8 dalam sekali menekan shutter.

Beralih ke mode perekam video, Anda dapat merekam video dengan resolusi maksimal full HD (1080p) sekaligus memotret dalam waktu bersamaan.

Dengan shutter yang begitu cepat, Kami sadar bahwa foto yang dihasilkan mode burst shot tentu saja tidak cukup memuaskan terutama saat objek atau lensa dalam keadaan bergerak. Tapi dalam kasus normal, kamera SGS3 dengan hasil gambar yang tajam, warna yang natural, serta kontras yang baik, rasanya sudah siap menggantikan peran kamera saku Anda secara penuh.

Browser Kaya Fitur

Multi tabs, Flash player, HTML, bookmarks, history, downloads, pinch zoom, print, share page,incognito, save for offline reading, desktop view
Seperti pada sejumlah aplikasi bawaan lainnya, browser SGS3 juga meningkatkan ekspektasi Kami akan fitur mobile browser.
Browser SGS3 dilengkapi dengan mode incognito yang memungkinkan Anda untuk berinternet tanpa meninggalkan history ataupun cookies pada ponsel Anda.

Fitur menarik lain adalah Save for offline reading dimana Anda dapat menyimpan halaman situs yang diinginkan untuk diakses kembali meski disaat Anda tidak terhubung dengan jaringan internet.


Kesimpulan
Sejak sukses dengan seri pertamanya, kemunculan Galaxy S selalu menjadi hal menarik untuk ditunggu berkat segala hal baru yang dibawanya. Kali ini pun demikian, memiliki desain yang menarik, spesifikasi ganas, dan sejumlah fitur yang hanya bisa dibayangkan sebelumnya, membuat Kami merasa tidak berlebihan untuk menyebutnya A Must Have Superphone untuk saat ini. Satu-satunya kekurangan, hanya banderol harga yang cukup tinggi tapi sebenarnya tetap wajar untuk kelebihan yang ditawarkannya.

sumber : http://m.tabloidpulsa.co.id/artikel/44/4486-review-samsung-galaxy-s3-papan-atas-banyak-fitur-berkelas

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan Kekurangan Samsung Galaxy S3"